Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 15:21 WIB

Bulan Ramadan, Puasa Beli Emas

Oleh : Restu A Putra | Rabu, 1 Agustus 2012 | 19:41 WIB
Bulan Ramadan, Puasa Beli Emas
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Bulan puasa tahun ini, jatuh berbarengan dengan pendaftaran sekolah. Hal ini pun berimbas pada minat akan logam mulia ini.

Kondisi ekonomi global, serta inflasi harga-harga yang membuat masyarakat lebih mendahulukan kebutuhan pokok ketimbang emas.

"Sekarang normal-norma aja nih bulan puasa nggak ada perubahan, justru banyak yang jual karena anak masuk sekolah," kata Tanti Setiawati, pemilik Toko Emas Cakra Kirana, Cikini saat ditemui INILAH.COM, Rabu (1/8/2012).

Ia mengatakan sejak awal puasa hingga hari ke-12 ini rata-rata yang datang tidak berubah seperti hari biasa sebelum bulan Ramadan.

Bahkan saat ditanya bagaimana perkiraan menjelang lebaran, Tanti mengatakan kemungkinannya kecil untuk banyak yang beli. "Menjelang lebaran masih belum kelihatan, tapi sepertinya normal," katanya.

Hal senada dikatakan Sinta, pemilik Toko Emas Dwijaya di lokasi yang sama. Ia mengaku tokonya malah sepi di Bulan Ramadan karena pelanggan atau konsumen saat ini tidak menomorsatukan urusan emas.

"Kondisi harga-harga naik begini dan serba mahal konsumen pasti mendahulukan kebutuhan pokok dulu, belum lagi biaya sekolah, jadi walaupun ada gaji ke-13 juga tetap aja mereka mendahulukan yang pokok," ujar Sinta.

Ia menambahkan kondisi ini berbeda ketika tahun 2000-an saat itu harga emas masih murah dan masyarakat lebih ramai tertarik berburu emas. "Saya juga mengikuti perkembangan emas dunia, apalagi sekarang krisis di Eropa ya jadi harga emasnya mahal, beda proses kayak dulu," ungkap Sinta.

Namun hasil pantauan di lokasi, Rabu (1/8/2012) tampak berbeda dari beberapa konsumen yang datang adalah pembeli, dan bukan penjual.

Widya, konsumen yang datang ke toko Cakra Kirana mengatakan sengaja membeli emas karena untuk kebutuhan pribadi anaknya yang ingin menikah dan bukan pengaruh lebaran atau Ramadan. "Saya memang lihat-lihat untuk anak saya, mumpung lagi ada dananya untuk perhiasan tambahan aja," ujarnya.

Sementara Nahdi seorang petugas keamanan di area penjualan emas Cikini menambahkan, biasanya ada lonjakan pengunjung sekitar 10 hari menjelang lebaran. "Tapi itu pun nggak terlalu lah soalnya uang THR pasti habis buat kebutuhan pokok sama sekolah," ujarnya. [ast]

Tags

 
x