Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:31 WIB

BNI Siapkan Rp24,4 Triliun Jelang Lebaran

Oleh : Charles Maruli Siahaan | Rabu, 1 Agustus 2012 | 19:58 WIB
BNI Siapkan Rp24,4 Triliun Jelang Lebaran
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mempersiapkan persediaan uang tunai sebanyak Rp24,48 triliun untuk persiapan menjelang lebaran.

Menurut Suwoko Singoastro, Direktur Operasional & Teknologi Informasi BNI, dana tersebut akan dipasok ke 7.164 ATM dan 1.533 outlet cabang BNI di seluruh Indonesia. "Dari total jumlah tersebut, sebanyak Rp18,9 triliun ditempatkan di ATM dan sebesar Rp5,5 triliun di outlet cabang. Jika dilihat dari bulan-bulan sebelumnya, kenaikan persediaan tersebut mencapai 30 persen," ujarnya.

Dia mengatakan, antisipasi persediaan uang tunai tersebut berlaku untuk periode 21 hari, mulai 5 Agustus 2012 (H-15) hingga 27 Agustus 2012 (H+7). "Peningkatan kebutuhan uang tunai terbesar diperkirakan terjadi pada pekan ketiga dan keempat bulan Ramadhan. Saat itu banyak pencairan dana tunjangan hari raya (THR), serta persiapan merayakan Lebaran," kata Suwoko.

Selain itu, kata dia, perseroan mengintensifkan pemantauan ATM selama 24 jam melalui pusat pemantauan (BNI Command Center) dan setiap Kantor Wilayah. BNI menyiapkan tim reaksi cepat di pusat-pusat tersebut untuk menangani setiap gangguan.

"Untuk menjaga dan memastikan ketersediaan uang tunai, ATM BNI akan dipasok melalui 23 ATM Regional Center. 34 perusahaan mitra dan kantor cabang pengelola," jelas Suwoko.

Sementara itu, Direktur Jaringan dan Layanan BNI Honggo Widjojo Kangmasto mengatakan, pihaknya tetap melayani nasabah selama enam hari (17-22 Agustus 2012) dengan operasional terbatas selama empat hari. Kantor BNI tutup hanya pada hari Lebaran dan hari Kemerdekaan.

"Jenis layanan yang diberikan di antaranya yaitu semua transaksi kas dalam rupiah, pemindahbukuan antar rekening BNI, dan setoran Pertamina (BBM dan non-BBM)," kata Honggo. [hid]

 
x