Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:21 WIB

Indonesia Juga Jadi Tumpuan Uni Eropa

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Kamis, 2 Agustus 2012 | 15:11 WIB

Berita Terkait

Indonesia Juga Jadi Tumpuan Uni Eropa
Istimewa

INILAH.COM, Jakarta - Uni Eropa mengandalkan kerja sama dengan negara berkembang, salah satunya Indonesia, untuk menopang perekonomiannya di tengah krisis.
Duta Besar Kepala Delegasi UE untuk Indonesia Julian Wilson menyatakan, Indonesia merupakan negara yang memiliki kekuatan ekonomi sehingga menjanjikan untuk investasi.
"Jangka panjang ini juga merupakan cara pengamanan hubungan Uni Eropa dengan Indonesia, sebagai negara berkembang sebagai kekuatan dunia saat ini," paparnya di Jakarta, Kamis (2/8/2012).
Kekuatan ekonomi Indonesia, lanjutnya, terbukti dari kemampuannya bertahan di tengah krisis ekonomi global yang masih berlanjut hingga kini. "Dan asalkan Indonesia tidak berpikir Uni Eropa akan menghilang," tuturnya.
Ia mengungkapkan, pada tahun 2011 saja kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa masih mencatatkan pertumbuhan yaitu sebesar 25%. "Dan cara terbaik untuk kita untuk dapat menjaga hubungan kerjasama jangka panjang baik ini adalah peningkatan kerjasama," ungkap Julian.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Neraca perdagangan Indonesia dengan Uni Eropa sampai dengan Juni 2012 secara keseluruhan mengalami surplus sebesar US$2,323 miliar.
Hanya dua negara di kawasan tersebut yang mengalami defisit yaitu Jerman sebesar US$ 283 juta dan Prancis US$ 263 juta. Sementara Inggris mengalami surplus sebesar US$ 167 juta dan negara Uni Eropa lainnya surplus sebesar US$ 2,708 miliar. [hid]

Komentar

Embed Widget
x