Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 15:24 WIB

DPR akan Bentuk Panwas BPJS

Oleh : Charles Maruli Siahaan | Senin, 24 September 2012 | 16:58 WIB
DPR akan Bentuk Panwas BPJS
inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - DPR akan membentuk Panitia Pengawas (Panwas) dalam pelaksanaan UU No.24 tahun 2011 tentang BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

"Ini karena kami melihat belum adanya niatan pemerintah untuk melaksanakan Undang-undang BPJS ini hingga menjelang waktu deadlinenya pada November mendatang," ujar Indra, anggota Komisi IX DPR dalam acara dialog interaktif BPJS, Senin (24/9/2012).

Dia mengungkapkan pemerintah saat ini hanya baru pada bahasan besaran iuaran wajib yang harus dibayarkan APBN untuk peserta penerima bantuan. Artinya, pemerintah sangat lambat dalam mengimplementasikan UU BPJS. "Tapi PP-nya hingga saat ini masih belum jelas, termasuk aturan turunannya berupa Keppres dan Inpresnya," ucapnya.

Padahal, menurut Indra, UU BPJS ini sangat fundamental sehingga tidak ada lagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang tidak bisa berobat. "Jadi kita di DPR sedang menggalang tim pengawas BPJS ini," tutur anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini.

Dia menambahkan jika pemerintah gagal melaksanakan UU BPJS ini, bisa dikatakan pemerintah gagal melaksanakan konstitusi. "Dan prediksi instituasi politik saya, pemerintah memang akan gagal mengimplementasikan UU BPJS ini," katanya. [hid]

 
x