Kamis, 31 Juli 2014 | 22:31 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Target Air Asia, Singkirkan Singapore Airlines
Headline
inilah.com/Ardhy Fernando
Oleh: Derek Manangka
ekonomi - Sabtu, 29 September 2012 | 17:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - CEO Air Asia, Tony Fernandes mengaku bahwa salah satu obsesinya yang paling besar adalah 'menyingkirkan' Singapore International Airlines (SIA) sebagai perusahaan penerbangan yang mendominasi industri penerbangan di Asia Tenggara. Dia yakin obsesi itu akan dapat dia capai.

Fernandes tidak menjadwalkan tahun berapa Air Asia bisa menggantikan posisi SIA sebagai perusahaan penerbangan terunggul di kawasan Asia Tenggara. Tetapi ketika memperlihatkan salah satu brosur promosi perusahaan yang dipimpinnya, sambil tertawa Fernandes berkata, "Di tempat yang kosong itu sebetulnya ada menara Singapore Airlines. Tapi menara itu saya hapus dari gambar sehingga yang terlihat bertahan cuma menara Air Asia," katanya sambil tertawa.

Pernyataan Fernandes Jumat (28/9/2012) itu pun disambut gelak tawa yang cukup menggelagar dari audiens yang mayoritas terdiri atas wartawan yang bekerja untuk berbagai media internasional.

Sambutan para wartawan itu bisa jadi sebagai wujud pengakuan atas keteguhannya berbisnis. Tapi bisa juga ada rasa kurang yakin. Sebab SIA sudah menjadi perusahaan penerbangan yang paling kompetitif terhadap penerbangan internasional lainnya di dunia.

SIA selama ini termasuk airlines yang banyak dipilih penumpang Indonesia, sekalipun tarifnya jauh lebih mahal dibanding Garuda. Sebagai perbandingan, harga tiket bisnis Garuda di masa low season, bisa sama harganya dengan harga tiket ekonomi Singapore Airlines yang berstatus endorseable.

SIA juga dikenal selalu berada pada urutan terdepan dalam pembelian pesawat baru. Ketika Garuda tidak bisa berkembang pesat dan Merpati Airlines mengalami keterpurukan, SIA justru semakin berkibar. Bahkan sejumlah rute di Indonesia berhasil diisi oleh Silk Air, anak perusahaan SIA.

Pernyataan Fernandes ini sangat optimistis. Sehingga cukup menarik untuk menunggu, apakah ucapan Fernandes benar-benar bisa terwujud. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER