Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 01:34 WIB

Demi Keadilan, BP Migas Harus Ditangani Pertamina

Oleh : Iwan Purwantono | Rabu, 14 November 2012 | 14:05 WIB
Demi Keadilan, BP Migas Harus Ditangani Pertamina
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kalangan LSM menyambut baik putusan MK tentang pembubaran BP Migas. Mereka juga mendesak agar fungsi dan wewenang BP Migas diserahkan kepada Pertamina.

Disampaikan Ridwan Darmawan, Wakil Ketua Komite Hak Asasi Manusia Indonesia (Indonesian Human Rights Committe for Social Justice/IHCS), putusan MK yang mengamanatkan pembubaran BP Migas, sangatlah tepat. Keberadaan BP Migas justru mengaburkan kedaulatan pemerintah.

Keberadaan BP Migas menimbulkan ketidakpastian hukum yang bertentangan dengan UUD 1945, paparnya kepada INILAH.COM, Rabu (14/11/2012).

Ditegaskan bahwa MK seharusnya MK memberikan putusan yang lebih mendetail bahwa wewenang dan fungsi BP Migas dialihkan kepada Pertamina. Di mata konsitusi, lanjutnya, Pertamina adalah lembaga yang paling tepat mewakili pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam berupa migas.

Itu sesuai dengan mandat konstitusi Pasal 33. Bahwa salah satu fungsi dari hak menguasai negara adalah pengelolaan. Yang diamanahkan kepada BUMN yakni Pertamina, tuturnya. [tjs]

 
Embed Widget

x