Sabtu, 2 Agustus 2014 | 07:20 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Usulan Amankan Rupiah ke Depan
Headline
Rupiah - Inilah.com/Wirasatria
Oleh: Restu A Putra
ekonomi - Minggu, 13 Januari 2013 | 10:24 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Bank Indonesia harus mengambil langkah cepat mengantisipasi pelemahan rupiah karena berpotensi meningkatkan laju inflasi.

Hal itu terjadi jika ada keputusan tentang kenaikan BBM subsidi. Faktor lain adalah defisit neraca perdagangan yang diprediksi masih akan berlangsung sepanjang 2013.

Ekonom Standard Chartered, Fauzi Ichsan mengungkapkan strategi yang perlu diambil Bank Indonesia yaitu segera mengamankan cadangan devisa dengan membeli rupiah dan menukarkannya dengan dolar AS.

"Pelemahan rupiah akan terus berlanjut jika BI tidak mengambil langkah tersebut. Apalagi ekspor kita melemah," ujarnya di Jakarta, Sabtu (11/1/2013).

Fauzi melihat cadangan devisa yang besar bisa diambil melalui kebijakan pasar valas. Langkah ini akan mampu mengatasi segala kemungkinan buruk melemahnya nilai mata uang rupiah dalam jangka panjang.

"Kita sarankan sebaiknya pemerintah membeli rupiah untuk menguatkan nilai rupiah, kan (cadangan devisa) masih ada US$136 miliar," katanya.

Sebelumnya Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan pun memperkirakan neraca perdagangan Indonesia masih akan mengalami defisit sepanjang tahun 2013. Pemicunya karena kondisi ekonomi global yang masih belum pasti. Ia menyarankan agar pasar domestik diperluaas untuk mempersempit kemungkinan tersebut.

Pada perdagangan Jumat (11/1/2013) kemarin, dolar AS menguat terhadap mayoritas mata uang utama tapi melemah tipis terhadap euro (mata uang gabungan negara-negara Eropa). Indeks dolar AS menguat ke 79,75 dari sebelumnya 79,72.

Namun, kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta menguat signifikan 70 poin (0,72%) ke angka 9.650/9.660 dari posisi kemarin 9.720/9.730. [hid]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER