Selasa, 29 Juli 2014 | 11:36 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Nanas Miliki Potensi Bisnis Yang Besar
Headline
inilah.com
Oleh: Ranto Rajagukguk
ekonomi - Senin, 14 Januari 2013 | 12:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Pemalang - Menteri Pertanian Suswono menyampaikan komoditas nanas nasional merupakan salah satu hortikultura yang memiliki potensi bisnis bagi para petani.

Ia pun mengimbau para petani agar mampu melakukan pengelolaan dan menciptakan lahan yang baik, guna memberikan keuntungan besar.

Salah satu area tempat komoditas nanas dikembangkan adalah Desa Beluk, Kecamatan Belik, Pemalang, Jawa Tengah. Hampir setiap lahan utama yang ditanam merupakan jenis hortikultura buah nanas. Terkait hal tersebut, Suswono pun memberikan apresiasi kepada para petani.

"Di sini potensi buah nanas cukup besar. Apalagi ini nanas madu dan organik, maka tentu konsumen juga tidak memikirkan soal harga lagi," katanya di Pemalang, Minggu (13/1/2013).

Kendati demikian, pengembangan komoditas nanas menghadapi hambatan infrastruktur karena ketidaktersediaan embung mini yang mampu mengakomodasi kebutuhan air. Padahal hal itu mampu mengganti asupan air ketika musim kemarau menjelang.

"Masalah di sini infrastrukturnya. Embung mini seharusnya bisa dibuat sehingga mampu mengaliri air pada tanaman buah nanas yang ada," katanya.

Lebih jauh Suswono juga menyampaikan, penggunaan sertifikasi atas produk hortikultura juga cukup bermanfaat. Ini akan memberikan nilai tambah atas produk buah yang dihasilkan para petani. Di samping iu diversifikasi pengolahan nanas juga patut dilakukan guna menghasilkan sejumlah pangan lainnya.

"Kemudian sertifikasi juga saya pikir penting. Itu membuat nilai tambah dan membuat potensi bisnis juga besar. Diversifikasi untuk membuat seperti keripik dan lainnya juga penting untuk menghasilkan bisnis baru," tuturnya. [ast]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER