Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:21 WIB

Kemendag Amankan Distribusi Pangan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 22 Januari 2013 | 20:12 WIB
Kemendag Amankan Distribusi Pangan
Menurut Wakil Menteri Kemendag Bayu krisnamurthi - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Cuaca buruk yang telah menyebabkan banjir dan berimbas pada distribusi pangan. Hal ini mendorong Kemendag mengambil langkah penyelamatan distribusi pangan ke masyarakat.

Menurut Wakil Menteri Kemendag, Bayu krisnamurthi akan mempersiapkan pengamanan distribusi kebutuhan pokok seluruh indonesia. "Terkait persiapan gangguan cuaca yang lebih panjang untuk pengamanan distribusi kebutuhan pokok seluruh indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Sebab menurut Bayu BMKG menyebutkan hujan serta gelombang laut masih 2 meter itu terjadi sampai minggu ke 3 Februari. Untuk langkah yang diambil untuk menghadapi gangguan cuaca agar distribusi pangan lancar setidaknya Bayu mempersiapkan dua langkah.

"Pertama, emergensi distribution (distribusi darurat) berupa bantuan sosial kemasyarakat yang berdampak banjir," ucap Bayu.

Kedua, menurut Bayu adalah respon distribution. Bentuknya adalah pasar murah. Karena melihat harga sudah ada yang mulai naik di tempat bekas kebanjiran. "Pasar murah yang dimaksud adalah penjualan dengan harga normal. Kan saat ini sudah ada harga kebutuhan naik dari normal. Dengan pasar murah diharapkan masyarakat tidak mengalami kesulitan pembelian," imbuhnya.

Pada saat yang berbeda Kemendag melibatkan beberapa kementerian dan pelaku usaha guna membicarakan pengamanan distribusi pangan selama cauaca buruk. "Kami mengumpulkan Kemenhub,Kemenhan, Bulog dan asosiasi produsen ritel serta Organda. Kami menyepakati bahwa kita akan bekerjasama mengatisipasi gangguan distribusi 4 minggu kedepan," katanya.

Bayu memastikan semua pangan terdistribusi oleh pelaku usaha. Mereka memastikan jarak tempuh kemana pun dipastikan terkirim 6-12 jam akan sampai ke tujuan. [hid]

Tags

Komentar

 
x