Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 07:26 WIB

Cegah Laju Inflasi

BPS Usulkan Perbaiki Infrastruktur

Oleh : Wiyanto | Jumat, 1 Februari 2013 | 14:11 WIB

Berita Terkait

BPS Usulkan Perbaiki Infrastruktur
(ilustrasi) - ist

INILAH.COM, Jakarta - Untuk menekan laju inflasi tidak berlarut ke bulan berikutnya pemerintah harus memperbaiki infrastruktur yang rusak.

Cuaca yang tidak bersahabat yang mengakibatkan banjir sehingga distribusi komoditi tidak lancar. Imbasnya beberapa komoditi mengalami kenaikan harga seperti daging ayam, ikan dan sayur-mayur.

Untuk inflasi bulan Januari 2013 mencapai 1,03%. Pemicunya adalah ada beberapa komoditi musiman yang naik akibat cuaca yang tidak baik.

Dengan banjir yang melanda beberapa daerah maka distribusi turut terkendala oleh infrastruktur yang rusak tersebut. Apabila masalah ini tidak teratasi maka laju inflasi tidak terbendung.

"Banjir mempengaruhi distribusi barang dari produsen ke konsumenterganggu," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin di Jakarta, Jumat (1/2/2013).

Suryamin meminta kepeda pemerintah melakukan perbaikan infrastruktur. Sebab dapat mengganggu kestabilan harga. "Upayakan memperbaiki infrastruktur yang rusak agar dinormalkan supaya tidak mempengaruhi harga," ucapnya.

Suryamin mengakui Februari - Maret, laju inflasi masih akanseperti bulan Januari. "Agaknya (faktor cuaca) masih mempengarui inflasi Februari dan Maret," tegasnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x