Jumat, 28 November 2014 | 17:51 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ayo Selamatkan Pasar Tradisional!
Headline
inilah.com
Oleh: Seno Tri Sulistiyono
ekonomi - Selasa, 5 Februari 2013 | 17:13 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Untuk menghindari terkikisnya pasar tradisional, maka perlu revitalisasi atau perbaikan di seluruh pasar tradisional dan membatasi merebaknya pasar modern.

"Ini pasar-pasar harus direvalitasi di daerah terpencil dan perkotaan. Pasar tradisional merupakan hilir produk lokal, bukan pasar modern," ucap Wakil Ketua Komisi VI DPR, Arya Bima di gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Menurutnya, revitailsasi pasar tradisional akan kembali menumbuhkan transaksi perdagangan. Sehingga masyarakat tidak enggan pergi ke pasar tradisional.

"Namun, untuk pembatasan pasar modern, seperti hypermart, Giant dan lainnya, terbentur dengan otonomi daerah. Dan kita ingin peraturan daerah itu juga mengatur pasar tradisional," ucapnya.

Nantinya, Undang-Undang Perdagangan juga akan mengatur produk yang dijualnya, sehingga produk lokal tidak tenggelam dengan produk impor. "Seperti produk lokal 60% dan produk impornya 40%. Ini harus dijalankan, kalau tidak ditutup," kata Arya.

Sebelumnya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) memperkirakan pasar tradisional akan punah jika Undang-Undang Perdagangan malah berpihak kepada pasar modern.

Ketua Umum IKAPPI, Abdullah Mansuri menyarankan agar lokasi atau kawasan pasar tradisional diatur, agar bisa bersaing dengan sehat dengan pasar modern. “Jangan sampai pasar modern lebih banyak dari pada pasar tradisional," ucapnya saat Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi VI DPR.

Dari data terkahir IKAPPI, kata Abdullah, pasar modern mengalami peningkatan sebesar 31,4%, sedangkan untuk pasar rakyat atau tradisional cukup memprihatinkan, karena mengalami penurunan 81%. [ast]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER