Rabu, 22 Oktober 2014 | 13:21 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Harga Elpji 12 kg Tidak Sesuai Keekonomian
Headline
Gas LPG ukuran 12 kg - Inilah.com/Dok
Oleh: Ranto Rajagukguk
ekonomi - Rabu, 13 Februari 2013 | 17:22 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menunggu langkah pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk merestui penaikan harga gas elpiji non subsidi 12 kilo gram (kg).

Secara keekonomian, harga gas yang ada saat ini telah membuat perseroan merugi hingga triliunan rupiah.

Vice President Corporate Communication, Pertamina, Ali Mundakir, menjelaskan, harga gas di pasaran saat ini sudah mencapai Rp12.000 per kg. Sementara formula Pertamina dalam menetapkan produksi elpiji 12 kg adalah dengan asumsi Rp5.850 per kg.

"Elpiji 12 kg sebenarnya bukan barang subsidi yang harganya ditentukan regulasi. Dengan perbedaan harga formula produksi Pertamina dan keekonomian kita sudah rugi cukup besar. Kami rasa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan BUMN sudah tahu lah kerugian kami berapa besar," tutur Ali di kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Ali menambahkan, tingginya kerugian yang dialami perusahaan juga lantaran pesatnya konsumsi dan kebutuhan bagi kalangan menengah ke atas, dan sektor usaha makanan.

"Kita mau tidak mau subsidi juga untuk elpiji 12 kg. Malah subsidi juga mengarah ke restoran, karena usaha tersebut memakai elpiji kapasitas 12 kg," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, secara kumulatif dari 2005 sampai 2012 tahun lalu, setidaknya Pertamina telah merugi sebesar Rp16 triliun. "Di 2012 kita sudah merugi Rp5 triliun," ujarnya.

Selain menunggu restu dari pemerintah, Ali menyebutkan masih menunggu momen yang tepat dalam menaikkan harga elpiji tersebut di tahun ini. [mel]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER