Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 14:20 WIB

Inilah Penyebab Harga Bawang Putih Naik Drastis

Oleh : Tio Sukanto | Senin, 4 Maret 2013 | 20:30 WIB
Inilah Penyebab Harga Bawang Putih Naik Drastis
Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah mengakui kendala iklim menjadi faktor rendahnya produksi bawang putih dan kacang kedelai. Akibatnya 90% kebutuhan bawang putih nasional didatangkan dari impor.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (4/3/2013). "Secara teknologi berat, untuk meningkatkan produksi bawang putih di Indonesia. Begitu juga dengan kedelai, karena faktor iklim di Indonesia berbeda dengan iklim negara penghasil kedua komoditas tersebut. Iklim mereka adalah sub tropis," kata Rusman.

Akibat rendahnya produksi bawang putih didalam negeri, total kebutuhan bawang putih nasional 90% dari impor. Sementara 5-10% dipasok dari dalam negeri. "Kalau harga bawang putih sudah mencapai Rp36.000 per kilonya, maka perlu dilonggarkan sedikit tata niaganya," ujar Rusman.

Harga bawang putih saat ini mencapai Rp36.000 per kilo gram dari harga normal Rp12.000-Rp14.000 per kilo gram. Tingginya harga bawang putih dikarenakan pasokan dipasar sudah semakin sedikit, karena produksi dalam negeri tidak bisa mencukupi.

Dengan kekurangan tersebut, pemerintah rencananya melakukan impor bawang putih pada semester pertama tahun ini. Impor bawang putih akan mencapai 20-30 ribu ton. [hid]

Komentar

x