Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 Mei 2015 | 00:19 WIB
Hide Ads

IJEPA: Jepang Masih Dominasi Impor

Oleh : Wiyanto | Senin, 11 Maret 2013 | 11:15 WIB

Berita Terkait

IJEPA: Jepang Masih Dominasi Impor
IST

INILAH.COM, Jakarta - Dalam evaluasi Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) menyatakan Jepang masih mendominasi impor.

Dirjen Kerjasama Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Agus Tjahajana mengatakan, tujuan implementasi kerjasama IJEPA adalah untuk saling melengkapi dan mengisi. Dalam hal ini, Jepang menjadi tujuan ekspor produk unggulan Indonesia, dan di sisi lain Indonesia memasok sumber daya energi dan mineral bagi Jepang.

"Dalam perjanjian lima tahunan IJEPA terdapat 13% impor asal Jepang," ujar Agus di Jakarta, Senin (11/3/2013) dalam seminar Evaluasi IJEPA di Kementerian Perindustrian.

Menurut Agus, jika dilihat pada sisi perdagangan minyak dan gas Indonesia yang diekspor ke Jepang terlihat kembali mendominasi. Hal tersebut adalah sebagai yang perlu dievaluasi.

"Perdagangan migas terlihat impor Jepang 25% di bandingakan 6,6% Indo. Frekuensi IJEPA bagi Indonesia masih kecil," katanya.

Adanya data tersebut memang diakui oleh Agus ini memberikan fakta IJEPA adalah perjanjian bilateral yang telah menimbulkan persaingan. Namun pada evaluasi ini diharapkan bisa menjadikan persaingan yang sehat.

"Sebagai hubungan bilateral (dengan Jepang) memiliki kemungkinan timbulnya persaingan," tutur Agus. [mel]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.