Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:20 WIB

Bulog & RNI akan Terlibat Atasi Kelangkaan Bawang

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Kamis, 14 Maret 2013 | 20:46 WIB
Bulog & RNI akan Terlibat Atasi Kelangkaan Bawang
Menteri BUMN, Dahlan Iskan - Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengintruksikan Perum Bulog dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk berperan dalam mengatasi kenaikan harga bawang putih dan bawang merah.

"Saya minta Bulog dan RNI menjajaki kemungkinan bisa mengimpor bawang, agar ketersediaan barang tercukupi, sehingga harga bisa ditekan. Silahkan Bulog mengurus perijinannya," kata Dahlan, Kamis (14/3/2013).

Kenaikan harga bawang, kata Dahlan, BUMN dapat mengatasi kelangkaan bawang merah dan bawang putih. Dengan demikian harga dapat kembali normal.

Atas intruksi tersebut, Dirut Perum Bulog, Soetarto Alimoeso menyatakan kesanggupannya dalam membantu mengatasi kelangkaan bawang. "Mudah-mudahan saja, Menteri Perdagangan (Gita Wirjawan) memberikan ijzin," kata Soetarto.

Apabila jangka pendek dapat diatasi dan harga bawang kembali normal, Dahlan, akan melakukan koordinasi dengan BUMN pertanian. Tujuannya untuk bekerjasama dengan petani mengatasi persoalan jangka panjang. Kerja sama itu untuk mengupayakan ketersediaan pasokan bawang untuk masyarakat

Saat ini harga bawang putih menyentuh di harga Rp80 ribu per kilo gram. Demikian juga dengan bawang merah. Bahkan di beberapa daerah, harga bawang putih mencapai Rp100 ribu per kilo gram. [hid]

Komentar

 
x