Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 4 Agustus 2015 | 22:50 WIB
Hide Ads

BBM Naik, Kerek Inflasi 9%

Oleh : Ranto Rajagukguk | Selasa, 14 Mei 2013 | 18:48 WIB
BBM Naik, Kerek Inflasi 9%
(Foto: inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Pengamat Ekonomi Indef, Ahmad Erani memproyeksikan inflasi akan terkerek mencapai 9% jika pemerintah bakal menaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada 2013.

Hasil ini merupakan asumsi dari target inflasi 2013 yang hanya berkisar 5% dengan implementasi pasca BBM naik dengan kontribusi inflasi sebesar 3% lebih. "Saya perkirakan bisa 9% dengan target inflasi tahun ini yang bisa mencapai 5% ditambah penetapan kenaikan BBM subsidi. Inflasi memang cukup meningkat pesat jika BBM dinaikkan," katanya di Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Dia menambahkan, dengan target inflasi yang dominan sekitar 9% maka akan berimplikasi terhadap pertumbuhan ekonomi yang hanya di bawah 6% di tahun ini. Dengan tingginya angka inflasi di tahun ini, dampaknya juga akan memperkeruh kesenjangan kaya dan miskin di dalam negeri. "Karena itu apapun yang bakal dilakukan pemerintah, mereka perlu melakukan mitigasi ekonomi," ucapnya.

Menurut Erani, pembahasan penetapan BBM subsidi seharusnya tidak bertumpu pada dana kompensasi. Sebab, hal tersebut sifatnya hanya bersfiat jangka pendek dan tidak memberikan solusi atas dampak kenaikan BBM yang langsung menghantam masyarakat. [mel]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.