Jumat, 31 Oktober 2014 | 22:32 WIB
Follow Us: Facebook twitter
BBM Beda Harga, Mobil Diesel Jadi Incaran
Headline
(Foto: inilah.com/Wirasatria)
Oleh: Tio Sukanto
ekonomi - Minggu, 19 Mei 2013 | 09:07 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Rencana kenaikan harga BBM subsidi beda harga untuk premium dan solar, ternyata cukup membantu penjualan mobil bekas bermesin diesel.

"Yang nanya-nanya sudah sih sudah lumayan banyak, tapi kalau yang beli atau tuker tambah baru sedikit jumlahnya," ujar Anto, pedagang mobil bekas Putra Gemilang, di kawasan Permata Hijau, Jakarta kepadaINILAH.COM.

Menurut Anton, konsumen yang ingin membeli mobil atau sekadar tukar tambah mobil bermesin diesel adalah konsumen pengusaha, terutama usaha rumah tangga.

"Kalau untuk usaha, biasanya sih konsumen memilih mobil diesel. Karena selain lebih kuat mesinnya, perawatannya juga lebih mudah. Apalagi harga solar walaupun katanya mau naik, tapikan tidak sebesar premium," kata Anton.

Meski memiliki keunggulan mesin lebih kuat dan berbahan bakar murah, mesin diesel juga memiliki satu kelemahan yaitu mesinnya berisik. "Kelemahannya ya cuma itu berisik, tapi kalau pilihannya memang buat usaha. Mesin diesel merupakan pilihan yang tepat," ujar Anton.

Beberepa mobil bermesin diesel yang diminati oleh konsumen adalah merek Mitsubishi, Toyota dan Suzuki. Dalam sebulan Anton dapat menjual atau tuker tambah mobil diesel sebanyak 15-20 mobil.

Senada dengan Hengki, pedagang mobil bekas di Ciledug, Tangerang. Menurutnya, kebijakan kenaikan harga BBM subsidi beda harga untuk premium dan solar, akan menguntungkan pabrikan mobil bermesin diesel.

"Selama masih ada untung, orang atau konsumen pasti akan memilih itu. Oleh karena itu, bisa saja produsen mobil diesel yang akan diuntungkan," ujar Hengki.

Seperti diketahui, untuk menekan anggaran subsidi energi, pemerintah berencana menaikan harga BBM subsidi jenis premium Rp2.000 per liter, sementara solar Rp1.000 per liter. Pemerintah beralasan solar kenaikannya tidak setinggi harga premium, karena lebih banyak digunakan angkuan umum, angkutan logistik, nelayan dan petani. [ast]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER