Selasa, 30 September 2014 | 12:54 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ujicoba Branchless Banking
Garap Mass Market, BTPN Luncurkan btpn WOW!
Headline
PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) btpn WOW! - (Foto : istimewa)
Oleh: Agustina Melani
ekonomi - Jumat, 24 Mei 2013 | 11:27 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan btpn WOW! yang merupakan salah satu upaya mendukung inisiatif inklusi finansial yang digagas Bank Indonesia (BI).

Peluncuran btpn WOW! ini juga sebagai komitmen untuk berpartisipasi dalam uji coba layanan branchless banking. Selain itu, partisipasi ini juga sebagai fokus menggarap ceruk pasar mass market.

Jumlah masyarakat Indonesia yang belum tersentuh jasa layanan keuangan seperti transfer, menabung, dan kredit masih tinggi.Hal ini tercermin dari penelitian World Bank tahun 2010, yang hanya 47% penduduk mempunyai tabungan di bank, dan hanya 17% penduduk mempunyai akses pinjaman bank.

"Inovasi berkelanjutan merupakan tantangan terbesar untuk membuka akses keuangan bagi segmen mass market. Inisiatif brancless banking dari BI merupakan terobosan revolusioner dalam industri perbankan," ujar Wakil Direktur Utama BTPN, Djemi Suhendra, seperti dikutip dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (24/5/2013).

Lebih lanjut ia mengatakan, inisiatif ini diharapkan dapat membuka akses layanan bank bagi mayoritas penduduk Indonesia, seperti petani, nelayan, buruh pabrik, pekerja informal, dan yang selama ini tidak mempunyai akses ke layanan perbankan secara lebih cepat.

btpn WOW! merupakan layanan perbankan plus melalui HP dengan biaya yang sangat murah, yang dapat diakses dengan HP paling murah dan dapat bekerja di area yang memiliki sinyal minimum. Produk tabungan bank ini bekerjasama dengan tiga provider telekomunikasi di Indonesia.

Selama masa uji coba Agent Banking hingga November 2013. Akses layanan bank melalui agen akan masih sangat terbatas. Namun, setelah itu peran agen, sebagai perpanjangan tangan bank, untuk memperluas jangkauan layanan bank kepada nasabah di seluruh pelosok akan menjadi sangat penting.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER