Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 2 Juli 2015 | 04:07 WIB
Hide Ads

Pemerintah Bakal Operasi Pasar Pasca BBM Naik

Oleh : Ranto Rajagukguk | Sabtu, 22 Juni 2013 | 13:20 WIB
Pemerintah Bakal Operasi Pasar Pasca BBM Naik
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Potensi harga bahan-bahan pokok yang tinggi menjadi salah satu dampak atas naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang telah efektif hari ini. Apa tanggapan pemerintah?

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menilai, kegiatan operasi pasar untuk membendung harga bahan-bahan pokok masyarakat bakal dilakukan jika memang ada kenaikan tidak wajar. "Misalkan beras naik, kita langsung lakukan operasi pasar. Kalau memang benar naik, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) harus langsung intervensi untuk full in," ujar Hatta di Jakarta, Sabtu (22/6/2013).

Hatta menambahkan, kini produksi beras nasional sekitar 3 juta ton. Ketika ada lonjakan harga untuk komoditas ini, maka Perum Bulog akan melakukan intervensi penuh agar bisa menyangga mahalnya harga beras di pasaran. "Saat ini cabai jug masih normal harganya. Yang terpenting pasokan bahan pokok masih cukup nornal. Namun, jika memang kita kurang pasokan pasti kita melakukan importasi," tutur dia.

Pada malam kemarin pemerintah mengesahkan keputusan penaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Premium dan Solar. Keputusan ini mulai berlaku, Sabtu, 22 Juni 2013, Pukul 00:00 WIB. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik selaku pejabat yang memutuskan kebijakan ini mengesahkan,kenaikan BBM subsidi, jenis Premium naik menjadi Rp6.500, dan Solar Rp5.500. [mel]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.