Minggu, 20 April 2014 | 22:52 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pejabat GlaxoSmithKline Terlibat Korupsi di China
Headline
Korupsi - (Foto : ilustrasi)
Oleh: TJS
ekonomi - Jumat, 12 Juli 2013 | 00:05 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Beijing – Sejumlah pejabat senior GlaxoSmithKline (GSK) divisi China tengah menghadapi investigasi kriminal karena dituduh menyuap dan melakukan pelanggaran pajak.

BBC, Kamis (11/7/2013), Kementerian Keamanan Dalam Negeri China menyatakan mereka diduga mencoba menyuap pejabat dan dokter untuk menggenjot penjualan di negeri itu. Pejabat itu juga dituduh merekayasa pajak untuk keuntungannya.

Namun, GSK membantah tudingan itu. GlaxoSmithKline adalah perusahaan multinasional berbasis di Brentford, London Inggris yang bergerak di bidang farmasi, peralatan medis, dan barang konsumsi. Perusahaan yang didirikan pada 2000 itu beroperasi di 70 negara dan mempekerjakan 100.728 pekerja.

“Kami siap bekerjasama dengan otoritas setempat. Kami menyikapi tudingan korupsi dan penyuapan ini dengan serius,” demikian pernyataan perusahaan mengenai hal itu.

Kementerian Keamanan Dalam Negeri China menyatakan polisi di wilayah Changsa sudah meminta keterangan sejumlah pejabat GSK. Mereka dituduh melakukan tiga tindakan pidana. Yakni, menyuap pejabat negara dan dokter serta merekayasa penerimaan pajak.

Pejabat yang diduga tersangkut kasus itu sudah mengakui perbuatannya. “Kasus ini menyangkut banyak orang dalam waktu yang lama. Jumlah uang yang ada dalam kasus itu juga sangat besar,” demikian pernyataan kementerian itu. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER