Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 10:43 WIB
 

Penurunan Cadev Belum Jadi Masalah

Oleh : - | Jumat, 12 Juli 2013 | 16:51 WIB
Penurunan Cadev Belum Jadi Masalah
Menteri Keuangan Chatib Basri - inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Berkurangnya jumlah cadangan devisa Indonesia menjadi US$98,1 miliar bukan masalah karena sesuai dengan kondisi perekonomian global.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. "Jangan terlalu khawatir selama pasar finansial dan pasar uang di semua negara juga mengalami gejolak yang sama," katanya di Kemenkeu seperti mengutip Antara, Jumat (12/7/2013).

Namun, dia mengatakan kondisi tersebut menjadi masalah jika hanya terjadi di dalam negeri. "Maka, pekerjaan rumahnya harus disesuaikan, seperti penyesuaian harga BBM kemarin. Surat utang negara dan imbal hasil juga semuanya naik, termasuk Amerika Serikat," katanya.

Menurut dia, depresiasi terhadap rupiah relatif kecil dibandingkan mata uang di negara lain, seperti mata uang Korea Selatan Won. "Kalau cadangan devisa BI kemarin dipakai untuk itu, saya kira depresiasinya relatif kecil, tetapi tekanan mata uang itu tidak hanya terjadi di Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan banyaknya bank dalam negeri yang menyimpan uang hingga US$7,67 miliar di luar negeri bukan sebab melemahkan rupiah dan menekan cadangan devisa. "Kalau uang itu sudah ada di luar bukan capital outflow karena intinya outflow itu dari dalam pindah keluar. Kalau uang itu dari dulu sudah di sana, bukan capital outflow," katanya. [hid]

Komentar

x