Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 21:49 WIB

BI Siapkan Aturan Hedging Valas

Oleh : Wiyanto | Jumat, 4 Oktober 2013 | 21:36 WIB
BI Siapkan Aturan Hedging Valas
(foto: inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Bank Indonesia akan melakukan instrumen hedging atau lindung nilai melalui swap dan forward valuta asing. Hal ini dilakukan melihat volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat yang masih sangat tinggi

Instrumen tersebut bagian dari Peraturan Bank Indonesia (PBI). Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan instrumen itu nantinya memiliki underlying. "Antara lain swap sama forward. Itu ada dalam PBI. Tentu saja karena masih perlu underlying-nya untuk hedging swap sama forward, itu underlyingnya bisa utang luar negeri, bisa ekspor atau impor," papar Perry di Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Mengenai underlying, Perry menjelaskan pembahasannya masih dilakukan. Nantinya hasil pembahasan akan menggunakan salah satu instrumen. "Dalam waktu dekat. Kita terus membahasnya secara intens. Memang ada beberapa instrument yang ada dalam aturan moneter kita. Salah satu instrumen moneter kita kan ada swap dan forward. Ada juga peraturan macroprudential dalam pengawasan bank terkait perlakuan tentang risk management lindung nilai," kata Perry.

Untuk Swap menurut Perry, penjajakan dilakukan dengan China dan Jepang. "Dengan China kan US$15 billion dan Jepang US$12 billion. Kita akan terus melakukan kerja sama dengan pihak lain," jelas.

Komentar

 
Embed Widget

x