Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 30 September 2016 | 08:25 WIB
Hide Ads

Agustus 2014, Inflasi Diprediksi 4,5%

Oleh : Ranto Rajagukguk | Minggu, 8 Desember 2013 | 09:55 WIB
Agustus 2014, Inflasi Diprediksi 4,5%
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Bandung - Bank Indonesia (BI) memprediksi, inflasi di Agustus 2014 bakal kembali normal atau bergerak ke level 4,5%. Katalisnya, karena basis inflasi sepanjang Agustus 2013 telah dilewati.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi Johansyah menerangkan, terkereknya inflasi di Agustus 2013 akibat naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Di samping itu neraca perdagangan yang defisit akibat impor produk minyak mentah dan BBM berkontribusi juga terhadap inflasi di Tanah Air.

"Namun inflasi tahun depan pada Agustus 2014 kembali normal ke 4,5%. Tapi sampai akhir tahun inflasi diperkirakan di bawah 9%. Kami percaya setelah melewati basis inflasi Agustus 2013 maka, di bulan serupa tahun depan itu bakal turun," ucap Difi di Bandung, Sabtu (7/12/2013).

Meski demikian ia menjelaskan, Indonesia perlu melewati segala macam ketidakpastian demi menjaga inflasi. Contohnya saja tappering of oleh The Fed, eksternal utang AS, dan current account deficit. "Kita perlu melewati tikungan ketidakpastian untuk mengantisipasi inflasi. Kalau ini bisa diatasi tentu jadi sentimen positif agar inflasi kembali normal," ucapnya.

Difi menambahkan, di tahun depan Indonesia harus mengurangi impor produk minyak mentah dan BBM agar menanggulangi defisit neraca perdagangan. Diharapkan pula ekspor komoditas nasional ke mitra dagang seperti AS dan China kembali meningkat sebagai stimulus peningkatan ekonomi nasional.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x