Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 08:59 WIB

Sektor Pertanian Jadi Andalan Serap Pengangguran

Oleh : Budi Yuni Harto | Selasa, 6 Mei 2014 | 18:01 WIB

Berita Terkait

Sektor Pertanian Jadi Andalan Serap Pengangguran
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah mengharapkan sektor pertanian sebagai salah satu penyerap tenaga kerja. Jadi dapat mengurangi angka pengangguran di usia produktif.

Namun Direktur Tenaga Kerja dan Pengembangan Kesempatan Kerja Kementerian PPN/Bappenas, Rahma Irianti menilai saat ini masih banyak anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berminat di sektor pertanian.

"Ada beberapa best practice oleh beberapa perusahaan magang di sektor pertanian, banyak kok yang masih tertarik. Karena mekanisasi pertanian itu kan bagus untuk anak-anak SMK, kan mereka masih tertarik," kata Rahma di kantornya, Selasa (6/5/2014).

Menurut Rahma, pemerintah masih berharap produktifitas yang lebih tinggi. Namun dirinya mengatakan berkurangnya usia produktif, yaitu petani yang sudah lanjut usia yang seharusnya sudah tidak bekerja. "Artinya ada yang harus keluar dari angkatan kerja," katanya.

Dirinya mengatakan saat ini banyak petani gurem yang migrasi keluar masuk di sektor jasa perkotaan. Namun, Rahma optimis sepanjang memberikan nilai tambah atau income. "Sepanjang itu masih memberikan nilai tambah atau income yang lebih baik, nggak apa-apa," ucapnya. [hid]

Komentar

x