Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 09:05 WIB

Mentan Harapkan Bank Permudah Kredit Petani

Oleh : Wiyanto | Selasa, 20 Mei 2014 | 00:03 WIB

Berita Terkait

Mentan Harapkan Bank Permudah Kredit Petani
(Foto : inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertanian, Suwono meminta kepada perbankan untuk memudahkan dalam pemberian kredit ke petani.

Permintaan tersebut, menurut Suswono, sebagai solusi kepastian pembiayaan kepada petani yang membutuhkan akses kredit perbankan.

"Bagi pertanian, kemudahan akses dan kalau bisa skim khsus dalam bentuk subsidi bunga besar. Hingga ringan dan menyangkut kemudahan akses tidak terbebani agunan yang menghambat," ujar Suswono saat preskon Penas Petani-Nelayan ke-14 di Kementan, Senin (19/5/2014).

Suswono mengharapkan perbankan lebih mendekati petani. Sebab potensi pasar ke petani sangat besar meskipun memiliki risiko besar pula.

Namun dengan adanya skim usulan kebijakan subsdi bunga dari pemerintah dapat mengurai keruwetan skim kredit. "Kalau ada skim setiap bank semacam desk pertanian sebetulnya membantu petani. Kami harap bank mendekti petani," kata Suswono.

Selain itu, Suswono menyayangkan Kredit Khusus Pertanian dan Energi (KKPE) pada perbankan masih minim aksesnya oleh petani. "Posisi Kecamatan petani sulit akses, kedit KKPE, petani hanya 6%, ini katakanlah Cabang besar. Sekali lagi masih belum diakses petani,KKPE rendah serapannya," kata Suswono. [hid]

Komentar

x