Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 1 Oktober 2016 | 17:18 WIB
Hide Ads

BI Cermati Ekspor Benahi Neraca Perdagangan

Oleh : Rina Anggraeni | Jumat, 15 Agustus 2014 | 13:27 WIB
BI Cermati Ekspor Benahi Neraca Perdagangan
Bank Indonesia (BI) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan memperbaiki neraca transaksi berjalan sektor barang dan jasa untuk meningkatkan cadangan devisa di tahun ini.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan langkah ini dengan meningkatkan ekspor barang dan jasa. Dengan demikian ekspor mengalami kenaikan. Tujuan akhir kinerja ini akan memperkuat Cadangan Devisa.

"Kalau itu bisa kita wujudkan tentu secara natural cadev kita bisa semakin kuat, " ujar Agus di Gedung DPR, Jum'at (15/8/2014).

Menurut dia, jika pemerintah daerah (pemda) dan pemerintah pusat bekerja sama maka daya saing Indonesia akan mengalami perbaikan. Jadi Indonesia mulai berhasil melakukan ekspor terdifersifikasi.

"Tergantung pemerintahanannya, kalau pemerintahannya bisa bersama dengan pemerintahan daerah betul-betul mengarahkan agar daya saing Indonesia membaik. Dan Indonesia bisa melakukan ekspor yang terdifersifikasi, bisa lakukan nilai tambah," katanya.

Ia menambahkan jika Indonesia bisa membuka pasar yang baru di luar negeri maka neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus. "Bisa membuka pasar yang baru di luar negeri pasti surplus barang dan jasa akan terwujud dan akan buat ekonomi kita semakin kuat fundamentalnya," ucap dia.

Surplus NPI meningkat dari US$2,1 miliar pada kuartal pertama 2014 menjadi US$4,3 miliar pada kuartal II 2014.

Posisi cadangan devisa dari US$102,6 miliar pada akhir kuartal pertama 2014 naik menjadi US$107,7 miliar pada akhir kuartal II 2014. Pada Juli 2014, posisi cadangan devisa kembali meningkat menjadi US$110,5 miliar. [hid]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x