Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 28 Juni 2016 | 03:14 WIB
Hide Ads

Bangun Smelter

Newmont Berpotensi Tambah Volume Ekspor Konsentrat

Oleh : Ranto Rajagukguk | Kamis, 25 September 2014 | 18:54 WIB
Newmont Berpotensi Tambah Volume Ekspor Konsentrat
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) berpotensi mendapatkan volume ekspor konsentrat yang jauh lebih besar bila membangun smelter.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memberikan rekomendasi Surat Persetujuan Ekspor (SPE) kepada Newmont dengan volume ekspor sebesar 350 ribu ton selama tiga tahun. Dana jaminan investasi pun telah dibayarkan oleh pihak Newmont sebesar US$25 juta.

Dirjen Minerba, Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan kuota ekspor Newmont sekarang berdasarkan jumlah pasokan konsentrat tembaga ke smelter yang dibangun PT Freeport Indonesia. Dari jumlah ekspor tersebut, pontesi penambahan dapat terjadi jika Newmont membangunan smelter sendiri ataupun bekerja sama dengan pihak ketiga.

"Kuota 350 ribu ton konsentrat itu untuk tiga tahun. Itu tidak sesuai dengan apa yang mereka produksi. Produksi tahunan mereka kan diatas 500 ribu ton. Karena itu harus bangun smelter sendri untuk meningkatkan kuota ekspornya," kata Sukhyar di Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Sukhyar menuturkan Newmont memiliki kewajiban membangun smelter secara mandiri. Hal ini merupakan kesepakatan dalam renegosiasi kontrak yang telah tertuang dalam nota kesepahaman amandemen kontrak. Dia menyebut Newmont telah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga antara lain PT Indosmelt.

"Hak Newmont melakukan kerjasama dengan siapa saja. Kami tidak ikut campur urusan bisnis itu," ujarnya. [hid]

 

 

facebook twitter

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget