Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:35 WIB

DPR Setujui BBM RON 88 Ditiadakan

Oleh : - | Jumat, 19 Desember 2014 | 14:12 WIB
DPR Setujui BBM RON 88 Ditiadakan
Wakil Ketua Komisi VII DPR, Satya W Yudha - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tim Reformasi Tata Kelola Migas tengah menyiapkan rekomendasi kepada pemerintah untuk meniadakan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dengan kadar oktan RON 88 dan menggantinya menjadi RON 92. Apa tanggapan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)?

Wakil Ketua Komisi VII DPR, Satya W Yudha menyepakati rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas. Bahkan ia menyebut produk BBM di Indonesia lebih mahal ketimbang negara lain. "Selama ini kita itu membeli BBM lebih mahal dari produk yang digunakan. Aslinya MOPS plus alpha. MOPS RON 92, tidak ada RON 88," ujar Satya di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Satya menambahkan, bila pemerintah merestui usulan Tim Reformasi, maka implementasi peniadaan BBM RON 88 tak perlu meminta persetujuan parlemen. "Itu kewenangan pemerintah untuk mengganti impor. Jadi tidak perlu persetujuan DPR," ucap Satya.

Lebih lanjut Satya meminta agar penggantian BBM bersubsidi RON 88 menjadi 92 tidak membuat pemerintah justru melakukan penyesuain harga baru. Pasalnya, impor BBM yang dilakukan memiliki formula sama yakni MOPS plus alpha.

"Makanya kita meminta penggantian RON 88 tidak harus ada kenaikan harga karena kita membeli harga MOPS. Jadi harga tidak membengkak," kata dia.

Komentar

 
x