Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Januari 2019 | 22:00 WIB

Pemerintah Harus Antisipasi Beras Palsu China

Oleh : Wiyanto | Kamis, 21 Mei 2015 | 11:19 WIB

Berita Terkait

Pemerintah Harus Antisipasi Beras Palsu China
Anggota DPR RI Rofi Munawar - (Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR RI Rofi Munawar meminta pemerintah melangkah antisipasi terhadap masuknya beras palsu dari China. Itu, baik melalui mekanisme impor pengadaan beras tujuan khusus (restoran,hotel dan industry pariwisata) maupun dalam rencana impor untuk stok pemerintah.

"Pemerintah harus melakukan langkah antisipasi yang maksimal terhadap kemungkinan peredaran beras palsu, diantaranya dengan melakukan monitoring secara serius di sentra-sentra beras, menutup celah impor beras illegal, mengintensifkan koordinasi antar lembaga, dan memastikan bahwa tidak ada masyarakat yang mengkonsumsinya," jelas Rofi Munawar dalam keterangan persnya, Kamis, (21/05/2015).

Ia menyebutkan berdasarkan dari keterangan media Singapura, China sedang memproduksi beras palsu. Ia bilang, beras palsu itu sudah didistribusikan di kota Cina Taiyuan, di provinsi Shaanxi.

"Bahkan dikabarkan juga di ekspor ke beberapa negara tetangga. Beras palsu ini terbuat dari gabungan kentang, ubi jalar dan limbah plastik yang direkayasa sedemikan rupa sehingga berbentuk menyerupai beras," ujar dia.

"Produksi dan beras palsu ini ternyata bukan permasalahan baru, mengingat keluhan mengenai produk asal China ini sudah dilaporkan di tahun 2011. Sebagaimana diketahui, China merupakan salah satu Negara yang mengimpor berasnya ke Indonesia selain Thailand dan Vietnam, tercatata sepanjang tahun 2012 Indonesia pernah impor beras dari Negeri Tirai Bambu, China sekitar 496,6 ton dengan nilai US$1,8 juta dolar atau Rp16,2 miliar," imbuh dia. [aji]

Komentar

x