Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 02:58 WIB

Kuasai Blok Masela, Inpex Ajukan Revisi POD

Senin, 7 September 2015 | 02:45 WIB
Kuasai Blok Masela, Inpex Ajukan Revisi POD
Blok Masela, Maluku - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) mengakui adanya permintaan Inpex untuk revisi pengembangan Lapangan Abadi, Blok Masela, Maluku.

Seperti diungkapkan Kepala Hubungan Masyarakat SKK Migas, Elan Biantoro, Inpex Masela yang dikenal pemain migas asal Jepang, mengajukan perubahan atas POD (plan of development) pada 2 September 2015. "Ya, benar, sudah kita terima," kata Elan di Jakarta, Minggu (6/9/2015).

Dijelaskan Elan, revisi yang diajukan Inpex selaku operator Blok Masela berupa pengembangan kilang gas alam cair terapung dengan kapasitas pengolahan hingga 7,5 juta ton per tahun.

"Masih dalam pembahasan secara intensif. Pada akhirnya, rekomendasi persetujuan dapat segera diserahkan ke Menteri ESDM," kata Elan.

Untuk diketahui, POD pertama Inpex atas Blok migas Masela, disetujui pemerintah pada 2010. Dalam POD itu, kapasitas kilang gas terapung hanya sebesar 2,5 ton per tahun.

Artinya, dalam revisi POD yang diajukan Inpex ada penambahan cadangan gas dari Lapangan Abadi, Blok Masela sebesar 5 juta ton per tahun. Di Blok Masela, Inpex memiliki hak partisipasi (participating interest/PI) sebesar 65%, sisanya 35% di genggaman Shell. [tar}

Komentar

x