Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 05:00 WIB

PT Pos Patok Target Bisnis Postshop Rp12 Miliar

Rabu, 9 September 2015 | 14:59 WIB
PT Pos Patok Target Bisnis Postshop Rp12 Miliar
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Palembang - PT Pos Indonesia menargetkan layanan pos dan belanja "postshop" meraup keuntungan Rp12 miliar pada 2016, atau naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Vice Presiden Postshop PT Pos Indonesia, James Martua Purba dalam sosialisasi postshop ke pengusaha ritel Palembang, Rabu (9/9/2015), mengatakan, target itu diperkirakan tercapai karena terjadi pertumbuhan cukup pesat dalam bisnis pengiriman barang seiring dengan maraknya belanja online.

"Saat ini konsumen membutuhkan fasilitas pengiriman barang yang bisa buka hingga malam. Seperti diketahui bahwa postshop ini bisa buka hingga pukul 22.00 WIB. Artinya, jika benar-benar digarap maka layanan bisnis ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk membesarkan layanan pos modern," kata James.

Ia mengemukakan, PT Pos Indonesia sangat unggul dalam menjalankan layanan ini karena memiliki lokasi kantor yang strategis di setiap kota. Lantaran itu, setelah unit usaha ini dibuka, terdapat beberapa perusahaan ritel berjejaring seperti Alfamart, Indomaret, sejumlah UMKM, dan kedai kopi bersedia bergabung dengan menerapkan sistem bagi hasil.

"PT Pos sebagai penyedia lokasi hanya meminta persentase bagi hasil sebesar 1,5 persen hingga 12 persen untuk penggunaan ruang mulai dari ukuran 30 meter persegi. Kemudian PT Pos sendiri akan memberikan sharing keuntungan sebesar 20 persen ke perusahaan mitra kerja atas layanan pos yang diberikan," kata dia.

Ia menambahkan, dengan konsep ini, sejumlah postshop di Jawa dan Bali dapat berkembang pesat sehingga mulai berani memberikan layanan postshop 24 jam.

"Ke depan beberapa kota akan dibidik, di kota-kota seperti di Sumatera karena fokus PT Pos sebenarnya bukan semata-mata mencari keuntungan, tapi investasi jangka panjang yakni bagaimana mendekatkan masyarakat dengan layanan PT Pos," kata dia.

Sementara itu, PT Pos menargetkan penambahan layanan postshop hingga 11 unit di Palembang, setelah tahun lalu mampu membuka 5 unit. [tar]

Komentar

x