Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 9 Desember 2016 | 20:31 WIB
Hide Ads

Gratiskan Suramadu, Pakde Karwo Diganjal Presiden?

Oleh : - | Minggu, 31 Januari 2016 | 04:09 WIB
Gratiskan Suramadu, Pakde Karwo Diganjal Presiden?
facebook twitter

INILAHCOM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo berniat membebaskan tarif Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) untuk roda empat atau lebih. Sayangnya, Presiden Jokowi belum memberikan persetujuannya.

"Sekarang, keputusannya tinggal menunggu petunjuk dari Presiden Joko Widodo. Semoga, secepatnya bisa disahkan," ujar Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (30/1/2016).

Untuk menggratiskan tarif masuk Suramadu untuk kendaraan roda empat ke atas, Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim ini, mengaku sudah dua kali melayangkan surat kepada Presiden Jokowi.

Untuk kendaraan bermotor roda dua, lanjut Pakde Karwo, sudah dibebaskan tarifnya sejak 2015. "Usulan resminya sudah dua kali dan sepertinya memang lampu hijau. Tapi saya tidak tahu alasan belum disetujuinya secara resmi dari Presiden. Sambil menunggu, Pemprov juga akan kembali bertanya," katanya.

Keputusan ini, lanjut Soekarwo, bertujuan untuk menekan biaya distribusi barang, khususnya produk asal Madura yang dikirim ke daerah lain. Karena tarifnya mahal membuat daya saing produk atau komoditas asal Madura maju-lancar.

Sedangkan, nominal tarif ferri untuk kendaraan roda empat atau lebih, adalah sebagai berikut.Tarif melintas Jembatan Suramadu untuk jenis kendaraan golongan I (sedan, jip, pick up/truk kecil dan bus) senilai Rp30 ribu, kendaraan golongan II (truk dengan dua gandar) Rp45 ribu, kendaraan golongan III (truk tiga gandar) Rp60 ribu, dan golongan IV (truk empat gandar) Rp75 ribu.

Usulan Gubernur Jatim mendapat dukungan dari berbagai pihak, misalnya anggota DPD Ahmad Nawardi yang menegaskan siap menggalang dukungan ke rekan-rekannya di Senayan agar usulan tersebut terealisasi. [tar]

#pelindoII #pansus #Pelindo #kabinet #BUMN #RJLino #RiniSoemarno #SudirmanSaid #RizalRamli #IgnasiusJonan #PansusPelindoII #DPR #Anggaran #KorupsiPelindoII #Korupsi #KPK #Nasional #tepokjidat #Gerindra #PresidenJokowi #jokowi #JKW4P #Prabowo #SBY #Megawati #capres #negara

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x