Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Mei 2017 | 22:01 WIB

Tahun Ini, Pekerja Gaji Rp 4,5/Bulan Bebas Pajak

Oleh : - | Jumat, 24 Juni 2011 | 07:09 WIB
Tahun Ini, Pekerja Gaji Rp 4,5/Bulan Bebas Pajak
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kalau anda karyawan atau pekerja bergaji Rp 4,5 juta per bulan, atau Rp 54 juta setahun, bolehlah bernafas lega. Karena tak bakal kena pajak penghasilan.

Kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, aturan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yang dikerek dari Rp 36 juta menjadi Rp 54 juta setahun, sudah ditanda tangani. "Mengenai PTKP, PMK (Peraturan Menteri Keuangan)-nya, sudah saya tandatangani. Berlakunya untuk pajak tahun ini," kata Menkeu Bambang.

Dengan perubahan PTKP menjadi Rp54 juta, kata Menkeu Bambang, diharapkan bisa membawa berkah. Bahwasanya daya beli masyarakat bisa lebih menguat.

"Misalnya, di Karawang yang terakhir PTKP-nya sudah Rp3,3 juta kami putuskan naik 50 persen. Sehingga tidak akan naik setiap tahunnya," ucap Menkeu Bambang.

Menkeu Bambang juga menyatakan, nantinya akan ada tambahan (PTKP), jika wajib pajak menikah dan mempunyai istri yang bekerja, serta mempunyai tanggungan 3 anak. "Jadi, nikah-lah dengan istri yang bekerja dan juga punya anak 3. Maka PTKP-nya juga besar," saran Menkeu Bambang.

Sebelumnya, pada awal Januari 2015, pemerintah menaikkan PTKP dari sebelumnya Rp24,3 juta menjadi Rp36 juta setahun. Kebijakan ini merupakan insentif agar konsumsi masyarakat naik, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. [tar]

 
x