Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 15:51 WIB

Menko Darmin&Bos OJK Berbeda di Angka Kredit

Oleh : M fadil djailani | Sabtu, 22 Oktober 2016 | 05:39 WIB
Menko Darmin&Bos OJK Berbeda di Angka Kredit
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad memperkirakan pertumbuhan kredit sampai akhir tahun hanya 6-8%. Apa respons tim ekonomi Jokowi?

Saat ditanya ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution hanya tertawa. Dia mempertanyakan rendahnya proyeksi kredit yang disampaikan Bos OJK itu. "Kerendahan itu," ucap Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Menurut mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, kondisi pertumbuhan kredit di tahun ini, tidak akan seburuk perkiraan. Dia berani bertaruh, pertumbuhan kredit tahun ini bisa di atas 8%. "Saya lihatnya perkembangannya kan nggak seburuk itu juga, ya semestinya ke arah 8 persen," kata Darmin.

Sebelumnya, Muliaman menyatakan bahwa pertumbuhan kredit masih akan seret. Di kuartal III-2016, OJK bahkan kembali merevisi pertumbuhan kredit menjadi di kisaran 6-7%. Sebelumnya, OJK memasang angka 7-9%.

"Saya juga kan tadinya menduga bisa lebih baik dari angka yang sekarang. Tapi, kemudian kita duga bisa 6-7 persen sampai tahun ini," ungkap Muliaman.

Meski begitu, Muliaman mengaku masih berharap pertumbuhan permintaan kredit akan naik secara signifikan sampai akhir tahun ini, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. "Ini terus kita akan jaga karena biasanya akhir tahun ada peningkatan-peningkatan," kata Muliaman.

Menurut mantan deputi gubernur BI ini, pertumbuhan kredit masih tergolong baik. Di sejumlah negara, pelemahan kredit justru lebih mengkhawatirkan lagi. Semua akibat pelemahan ekonomi global.

"So far oke-oke aja ya, stabilitas ok. Bank juga ok, ya pertumbuhan kredit memang agak turun, tapi menurut saya sesuai dengan moderasi di perekonomian, saya kira di mana-mana seperti itu, dan kita juga ekspektasi itu," tandasnya.[ipe]

 
x