Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 15:51 WIB

Gub BI Sayangkan Investasi Swasta Masih Sedikit

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 26 Oktober 2016 | 08:55 WIB
Gub BI Sayangkan Investasi Swasta Masih Sedikit
Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo menyayangkan peranan investasi swasta yang dinilainya masih sangat sedikit.

Padahal jika peranan investasi swasta bisa didorong lebih cepat akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi ditahun 2016.

"Tantangan utama kita di investasi swasta, dan kalau investasi swasta bisa cepat bangkit, ini akan banyak membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Agus saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Meski begitu Agus melihat bahwa saat ini kondisi fundamental ekonomi Indonesia sudah jauh lebih baik ketimbang tahun 2015 lalu, apalagi saat ini BI melalui kebijakanya telah menurunkan suku bunga acuannya 7 Days Repo Rate (DRR) ke angka 4,75 persen.

"Di RDG (Rapat Dewan Gubernur) bulan Oktober, juga menyesuaikan 7 DRR, kita melihat fundamental ekonomi makin baik terlihat dari inflasi, stabilitas nilai tukar, transaksi berjalan di 2016 bisa di bawah 2 persen," paparnya.

Melihat hal ini, Agus optimistis kondisi ekonomi pada tahun 2017 akan lebih baik, mengingat sejumlah indikator seperti perbaikan harga komoditas sudah mulai pulih.

"Kalau kita lihat year to date itu ada cukup banyak komoditi yang pertumbuhan harganya sudah di atas 20 persen dibandingkan tahun lalu. Mari kita harapkan ini suatu kondisi yang positif bagi ekonomi di 2017," tandasnya. [hid]

 
x