Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 12:19 WIB

BI Tahan Suku Bunga, Ramalan Menko Darmin Cespleng

Oleh : Uji sukma medianti | Kamis, 17 November 2016 | 18:20 WIB
BI Tahan Suku Bunga, Ramalan Menko Darmin Cespleng
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung dua hari (16-17 November), memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (7DRR) di level 4,75.

Kata Gubernur BI Agus Martowardojo, selain memutuskan 7DRR tetap, RDG BI juga menetapkan Deposit Facility (DF) 4% dan Lending Facility (LF) 5,5%. "Bank Indonesia memutuskan untuk BI 7-day Reverse Repo Rate di level 4,75%," papar Gubernur BI Agus di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Peluang kenaikan Fed Fund Rate (FFR) pada Desember 2016, kata Agus, semakin menguat. Namun, pertumbuhan ekonomi di negara maju di luar AS, cenderung terbatas dan dibayangi ketidakstabilan politik.

"Ekonomi negara berkembang seperti India dan Tiongkok jadi penopang. Harga minyak dunia juga masih berjalan dengan level yang rendah," kata Agus.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Darmin Nasution sudah memprediksikan bahwa BI akan menahan suku bunga acuan (7DRR) di angka 4,75%.

Ada banyak faktor yang memengaruhi konstan-nya 7DRR, mulai dari perekonomian global masih memburuk, tren penaikan suku bunga bank sentral AS (Fed Fund Rate/FFR) di akhir tahun, hingga faktor terpilihnya Donald trump sebagai Presiden AS.

Ini kan situasinya (ekonomi global) sedang tidak terlalu tenang, enggak jelek juga. jadi kita harus mengerti juga bahwa kalau ada situasi tidak terlalu tenang, ya tidak terlalu baik ambil inisiatif (menurunkan suku bunga)," kata Darmin

Berikut adalah pergerakan suku bunga acuan sejak BI melakukan reformulasi kebijakan moneter dengan mengubah suku bunga acuan dari BI Rate ke 7 Day Repo Rate per Agustus lalu:

Agustus
- 7Day Repo Rate: 5,25%
- Deposit Facility: 4,5%
- Lending Facility: 6%

September
- 7Day Repo Rate: 5%
- Deposit Facility: 4,25%
- Lending Facility: 5,75%

Oktober
- 7Day Repo Rate: 4,75%
- Deposit Facility: 4%
- Lending Facility: 5,5%.

 
x