Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 Juli 2017 | 15:40 WIB

Proyek Trump di Indonesia Tetap Bergulir

Oleh : Bachtiar Abdullah | Rabu, 4 Januari 2017 | 10:17 WIB
Proyek Trump di Indonesia Tetap Bergulir
Setya Novanto dan Donald Trump - The New York Times
facebook twitter

INILAHCOM, New York --- Kerajaan bisnis Trump Organization milik Presiden AS terpilih bersama mitra lokalnya Harry Tanoe Soedibjo berencana membangun sebuah resort terbesar di Bali yang tak peduli dengan keberadaan pura Hindu.

Trump juga berencana membangun resort mewah di sebuah bukit hijau di Jawa Barat yang kelasnya mencapai bintang enam yang supermewah. Meskipun Donald J. Trump berjanji mengakhiri transaksi bisnis di luar negeri yang dapat menimbulkan konflik kepentingan, namun dua proyek besarnya di Indonesia tetap akan bergulir, tulis koran The New York Times, awal Januari ini.

Walaupun pekerjaan konstruksi pembangunan resor di Idonesiatersebut belum dimulai, Trump telah menjalin hubungan dengan figur politik Setya Novanto yang kembali menjabat Ketua Dewan Perwakialan Rakyat RI. Trump berkenalan dengan Setya berkat tangan raja media Harry Tanoe Soedibjo.

Trump bertemu dengan Setya saat kampanye presiden di Trump Tower, New York, Desember 2015. Setelah makan siangTrump menarik dan menyebut Setyasebagai "orang besar." Dan menambahkan,"kami akam melakukan ha-hal besar bagi Amerika Serikat."

Juru bicara Trump mengatakan, kontrak dengan partner Indonesianya bakal menjadi wilayah abu-abu konflik kepentingan yang sulit dipisahkan dengan berbagai masalah yang dihadapi AS dan Indonesia, termasuk masalah perdagangan Trans Pacific Partnership (TPP) yang ditinggalkan AS, atau perebutan klaim Laut Cina Selatan.

Penasihat khusus Trump bernama Carl Icahn adalah investor kelas miliarder dolar yang merupakan salah satu pemegang saham Freeport McMoran. Ichan tentu berupaya agar PT Fereeport Indonesia dapat memperpanjang kontrak pertambangannya di Papua

 
x