Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:45 WIB

Mendag Enggar Ingin Kerek Ekspor Hortikultura

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 12 Januari 2017 | 02:29 WIB
Mendag Enggar Ingin Kerek Ekspor Hortikultura
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengajak asosiasi importir hortikultura untuk memborong produksi dalam negeri.

"Saya mengajak mereka menyerap produk pertanian kita yang nanti pada saatnya kita akan membuat keseimbangan, ada wajib serap dengan persentase tertentu yang mereka bisa pasarkan di dalam negeri," kata Mendag Enggar di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Kata Mendag Enggar, importir mempunyai jaringan penjualan di luar negeri. Jadi, himbauan ini penting agar produk hortikulturan dalam negeri bisa semakin dikenal di dunia.

Menurut Mendag Enggar, khusus bagi para importir yang seperti ini, pemerintah mempunyai kewajiban untuk memfasilitasinya. Saat ini pihaknya menghimbau kepada para importir untuk menyerap, sesudah itu baru pihaknya bakal membahas kembali dengan Kementerian Pertanian dengan persentase tertentu untuk diserap oleh negara pengekspor.

"Sama dengan kita sedang menyiapkan ketentuan wajib serap susu segar. Jadi terus bertahap, sehingga para peternak dan petani kita ada jaminan pemasarannya. Kalau tidak kita menjamin, maka mereka tidak ada keinginan untuk bercocok tanam, tidak ada keinginan untuk beternak,"jelasnya.

Dirinya menyebut, negara yang berpotensi ekspor yakni Afrika, India, Pakistan, Eurasia, juga RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Dan semua negara, masing-masing komoditinya berbeda.

"Nah mereka kita dorong untuk itu, karena mereka juga punya jaringan. (Karena) pada dasarnya, pada waktu mereka impor pengusaha disana itu juga adalah mereka eksportir dan mempunyai usaha sejenis," jelas dia. [ipe]

Komentar

 
x