Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 02:28 WIB
Hightlight News

6 Jurus BI Menekuk Inflasi 2017

Oleh : M fadil djailani | Rabu, 25 Januari 2017 | 15:08 WIB

1. Menjaga Inflasi Volatitile Food

6 Jurus BI Menekuk Inflasi 2017
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menyepakati 6 langkah strategis guna meredam inflasi 2017, agar terjaga di level 4% plus-minus 1%.

"Kesepakatan atas langkah strategis dan penetapan sasaran inflasi ke depan sejalan dengan upaya membawa inflasi tetap rendah dan stabil," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Sigara di Kantornya, Jakarta, Rabu (25/01/2017).

Kesepakatan tersebut dicapai dalam rapat koordinasi antar pimpinan lembaga dan kementerian yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi (TPI) dan Kelompok Kerja Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Pokjanas TPID) yang diselenggarakan pada 25 Januari 2017 di Jakarta.

Hadir dalam pertemuan Gubernur BI Agus DW Martowardojo, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama Perum BULOG Djarot Kusumayakti, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf.

Tirta mengatakan, laju inflasi sepanjang 2016 tercatat paling rendah dalam satu dekade terahir, yakni sebesar 3,02% (yoy). "Dengan pencapaian tersebut, realisasi inflasi berada dalam sasaran selama 2 tahun berturut-turut," kata Tirta.

Tirta mengatakan, terjaganya inflasi di 2016, disebabkan besaram inflasi inti yang terendah sejak 1997, rendahnya inflasi harga yang diatur Pemerintah (administered prices/AP), serta terkendalinya inflasi komponen harga pangan yang bergejolak (volatile food). "Pencapaian tersebut tidak terlepas dari dukungan koordinasi yang baik antara Pemerintah dan Bank Indonesia baik di tingkat pusat maupun daerah," tandasnya.

Berikut 6 langkah strategis untuk menjaga laju inflasi sepanjang tahun 2017:

1 2 3 4 5 6

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x