Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 18:25 WIB

Trump Telpon PM Abe Minta Bantu Lapangan Pekerjaan

Oleh : Monica wareza | Selasa, 31 Januari 2017 | 06:00 WIB
Trump Telpon PM Abe Minta Bantu Lapangan Pekerjaan
Shinzo Abe dan Donald Trump - (Foto: Abc)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berencana akan menemui direktur eksekutif Toyota, Akio Toyoda sebelum berjumpa Presiden Donald Trump di Gedung Putih.

Pertemuan Abe dan Trump dijadwalkan pada 10 Februari ini, akan membicarakan tentang kemajuan dari perjanjian perdagangan bilateral antara kedua negara ini dan mendiskusikan sektor otomotif.

Dalam panggilan teleponnya dengan PM Abe, Trump mengulangi pernyataan bahwa ia akan menciptakan lapangan kerja di AS dan meminta Jepang untuk berkontribusi di dalamnya, dikutip dari Reuters, Senin (30/1/2017).

Kedua pemimpin ini membahas industri otomotif dan Gedung Putih mengatakan bahwa kedua negara ini berkomitmen untuk memperdalam perdagangan dan investasi bilateral, kata juru bicara senior pemerintah, Koichi Hagiuda.

Jepang perlu menyusun rencana untuk menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan Jepang, pembuat mobil terutama, akan memberikan kontribusi untuk mencipatakan lapangan kerja Amerika, kata seorang mantan diplomat Jepang yang dikutip dari Reuters.

"Saya kira itu adalah satu-satunya jalan untuk membuat KTT bilateral sukses. Karena Trump hanya peduli dengan angka. Jadi semuanya harus dikaitkan dengan penciptaan lapangan kerja," katanya menambahkan.

Selama beberapa dekade, industri mobil Jepang telah mengembangkan SUV, moni van, dan truk pick up khusus untuk menargetkan pasar konsumen Amerika, sementara merk Amerika telah berjuang untuk membuat terobosan di Jepang namun pengguna mobil masih suka dengan merk lokal.

Penjualan mobil merk asing di Jepang menyumbang 7 persen dari pasar mobil berpenumpang di Jepang, dipimpin oleh Jerman. Merk Amerika hanya terjual kurang dari sepertiga dari satu persen penjualan mobil di Jepang. [ipe]

Tags

Komentar

 
x