Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 22:26 WIB

Jokowi Dukung Bos Bappenas Maju Jadi Presiden

Oleh : M fadil djailani | Kamis, 2 Februari 2017 | 13:40 WIB
Jokowi Dukung Bos Bappenas Maju Jadi Presiden
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tak sedang bercanda, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bilang sudah mendapat restu Presiden Joko Widodo untuk jadi presiden. Serius?

Yang dimaksud Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini, bukanlah presiden yang memimpin negara. Namun, Presiden Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian (International Fund for Agricultural Development/IFAD).

Di mana, mantan menteri keuangan yang mencetuskan tax amnesty ini, mencalonkan diri untuk menjadi Presiden IFAD. "Presiden sangat mendukung saya maju ke sana (IFAD)," kata Bambang di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (02/02/2017).

Kata Bambang, Presiden Jokowi menilai, Indonesia memiliki jumlah penduduk nomor 4 terbesar di dunia. Sudah seharusnya ada putera Indonesia yang menjadi pimpinan di lembaga internasional.

"Karena Presiden juga ingin Indonesia punya representasi yang baik di internasional. Indonesia di internaisonal, hampir enggak ada. Kita negara nomer 4 dunia penduduknya, tapi di internasional kok malah Bangladesh dari negara-negara Asia Selatan, Amerika Latin, Afrika, kan aneh juga," keluh Bambang.

Untuk memuluskan langkah tersebut, Menteri Bambang telah berkampanye di 178 negara anggota. Harapannya dirinya terpilih sebagai Presiden IFAD untuk periode 2017-2021. "Ya anggota kan 178 negara. Nanti mereka milih, kasih suara. Kampanye lancar, kampanye sudah lancar. Tinggal pemilihan 2 minggu lagi, doain saja-lah," kata Bambang.

Bambang mengatakan, jika terpilih, tentunya harus melepaskan jabatan sebagai bos di Bappenas. Dan, itu tidak ada masalah. [ipe]

x