Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 00:09 WIB

Sosialisasi Minim

Proyek KA Cepat Macet di Karawang

Oleh : - | Jumat, 3 Februari 2017 | 03:49 WIB
Proyek KA Cepat Macet di Karawang
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Karawang - Proyek kereta api cepat yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), kembali macet. Gara-garanya sepele saja, kurang sosialisasi.

Saat ingin membangun stasiun di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mega proyek senilai Rp 17 triliun, tersendat. Pihak Pemkab Karawang tak memberikan izin. Karena, pembangunan stasiun kereta cepak rute Jakarta-Bandung ini, tak ada sosialisasi kepada masyarakat.

"Ada beberapa tahapan terkait dengan izin lokasi itu," kata Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu setempat, Wawan Setiawan di Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/2/2017).

Tahapan yang dimaksud, lanjut Wawan, diantaranya adalah survei, pemaparan, sosialisasi dan lain-lain. Pihak Pemkab Karawang mempertanyakan sosialisasi kepada masyarakat. Berdasarkan laporan, belum ada sosialisasi atas rencana pembangunan stasiun kereta api cepat itu.

Anehnya, ketika dikonfirmasi dan diundang, perwakilan KCIC langsung menyampaikan kegiatan sosialisasinya. Kata Wawan, seiring dengan dipenuhinya kegiatan sosialisasi tersebut maka seluruh tahapan pengajuan izin lokasi yang disampaikan investor kereta api cepat itu sudah terpenuhi.

Atas hal itu, Pemkab Karawang akan segera mengeluarkan izin lokasi untuk pembangunan stasiun kereta api cepat Jakarta-Bandung di wilayah Karawang. "Tahapan pengajuannya sudah dilakukan. Jadi tinggal dikeluarkan izin lokasi pembangunan stasiun kereta api cepat itu," katanya.

Izin lokasi yang akan dikeluarkan itu berkaitan dengan pembangunan stasiun, perlintasan, dan sarana pendukung lainnya. "Untuk stasiun kereta api cepat yang diajukan izin lokasinya seluas sekitar 23 hektare," pungkas Wawan. [tar]

 
x