Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 12:20 WIB

Peralihan KK Jadi IUPK, Freeport Banyak Maunya

Oleh : Uji sukma medianti | Senin, 13 Februari 2017 | 17:36 WIB
Peralihan KK Jadi IUPK, Freeport Banyak Maunya
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Proses peralihan Kontrak Karya (KK) PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK), ternyata belum putus dan makin rumit. Freeport minta penggunaan aturan lama.

Seperti disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, perpindahan status Freeport dari KK menjadi IUPK tambah alot. Industri tambang emas terbesar di dunia itu minta penerapan aturan lama.

Atas permintaan Freeport, Menteri Jonan bilang, bolanya di Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI). "Pada prinsipnya nanti akan dibicarakan dengan Menteri Keuangan," kata Menteri Jonan di Istana Presiden, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Terkait permintaan Freeport menggunakan aturan lama, seperti saat berstatus KK, menurut Jonan, bisa saja. Pada akhirnya tetap harus dibahas dengan Menkeu Mulyani.

"Nanti biar menteri keuangan yang lihat mana yang bisa menganut ketentuan lama, mana yang tidak. Karena ini domain-nya UU Pajak. Kayak perda, pungutan dan sebagainya," ungkap Jonan.

Mengingatkan kembali, PT Freeport Indonesia harus mengakhiri rezim kontrak karya (KK) yang sudah berumur 50 tahun menjadi IUPK. Kalau tidak, Freeport tidak akan diberi perpanjangan izin ekspor konsentrat yang sudah dihentikan pemerintah sejak 12 Januari 2017.

Sebelumnya, pihak Freeport mengaku belum menemukan titik temu dengan pemerintah terkait peralihan KK ke IUPK. "Kami masih menunggu IUPK sementara sehingga bisa ekspor namun izin dari pemerintah belum keluar," kata Jubir Freeport Riza Pratama di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/2).

Riza bilang, hingga saat ini, produksi Freeport masih terhambat akibat belum bisa melakukan ekspor. Namun, Freeport berkomitmen untuk mengikuti pemerintah dengan merubah KK menjadi IUPK. "Transisi ini tidak bisa dilakukan dalam waktu yang cepat sehingga masih ada yang harus diajukan kepada pemerintah untuk kondisi tertentu," kata Riza. [ipe]

 
x