Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 31 Maret 2017 | 07:27 WIB
Hide Ads

Ketua Komisi XI Ini Dukung Gugatan PP 72/2016

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 15 Februari 2017 | 00:09 WIB
Ketua Komisi XI Ini Dukung Gugatan PP 72/2016
Ketua Komisi XI DPR, Melchias Markus - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi XI DPR, Melchias Markus Mekeng mendukung gugatan terhadap PP 72/2016 tentang Tata Cara Penyertaan&Penatausahaan Modal Negara pada BUMN yang diteken Presiden Jokowi pada Desember 2016.

Mekeng menilai, pembahasan melalui legislatif diperlukan lantaran PP tersebut menyangkut kekayaan negara. "Saya sepakat menolak PP tersebut. Dan, kami sepakat apapun yang berhubungan dengan kekayaan negara harus melalui pembahasan DPR walaupun prosesnya rumit dan panjang," ungkap Mekeng di DPR, Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Kata politisi Golkar yang masuk seleksi komisioner OJK ini, pemerintah masih punya kesempatan untuk membatalkan atau mencabut PP tersebut. Karena, beleid tersebut jelas menabrak sejumlah aturan perundang-undangan yang ada.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, saat rapat dengan Komisi VI DPR, menjelaskan bahwa PP 72 Tahun 2016 tidak ditujukan untuk menghilangkan peranan DPR dalam mengawasi BUMN. "Saya mengatakan ini sebagai pernyataan politis dan pernyataan legal karena hal itu tertuang dalam PP 72 Tahun 2016," paparnya.

Menkeu Ani, sapaan akrab Mulyani menegaskan, apabila ada keputusan-keputusan baik pada BUMN maupun anak usaha BUMN yang mengakibatkan terjadinya penjualan atau privatisasi, akan melibatkan DPR. "Saya menegaskan dipastikan DPR akan terlibat," tegasnya. [ipe]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x