Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 17:05 WIB

Inilah Cara Agar Gas Industri Jadi Murah

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 17 Februari 2017 | 06:17 WIB
Inilah Cara Agar Gas Industri Jadi Murah
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Harga gas tiap industri tidak bisa dipukul rata. Setidaknya hal inilah yang mesti dipikirkan oleh pemerintah jika ingin memberikan izin impor gas kepada industri secara langsung.

Menurut Kepala Divisi Komersial Gas SKK Migas Sampe L Purba, anatomi perdagangan gas ada tiga aspek, pertama produsen dijual ke pengguna (industri) akhir, produsen ke shipper atau transporter, dan shipper atau transporter ke pengguna.

Sedangkan, dari sisi pengguna pun masih terbagi lagi menjadi dua. Ada yang dijadikan bahan baku atau sebagai energi ada juga gas yang dijadikan bahan bakar untuk produksinya.

"Misalnya, industri pupuk menjadikan gas sebagai bahan baku pupuk tapi untuk industri kaca, gas dijadikan sebagai bahan bakar untuk produksinya," jelas Sampe di SKK Migas, Kamis (16/2/2017).

Bisa dikatakan, bila pemerintah ingin harga gas murah. Lalu siapa yang jadi objeknya ? Apakah untuk ke pabrik pupuknya, komoditasnya atau kah ke penggunanya. "Itu kan ada tiga hal berbeda,"ujarnya.

Disamping itu, dalam anatomi pedagangan gas juga digolongkan soal pemanfaatan penggunaan gas. Ada gas yang digunakan untuk domestik, juga gas yang diperuntukan untuk ekspor.

"Khusus untuk domestik, ada yang menggunakan subsidi dan komersil," jelasnya. [hid]

Komentar

 
x