Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 22:32 WIB

Dirut Pertamina Diputuskan Jokowi Akhir Bulan Ini

Oleh : Uji sukma medianti | Jumat, 17 Februari 2017 | 19:36 WIB
Dirut Pertamina Diputuskan Jokowi Akhir Bulan Ini
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Terkait kandidat direktur utama Pertamina definitif, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno masih merahasiakan. Singkat saja penjelasan dari sang menteri ini.

Kepada wartawan di Jakarta, Jumat (17/2/2017), Menteri Rini bilang, calon dirut Pertamina masih dalam tahap pembahasan di dewan komisaris Pertamina. "Masih proses dengan Dewan Komisaris. Dewan Komisaris harus memberikan usulan. Mereka sedang kaji sekarang," kata Rini.

Saat dilontarkan sejumlah nama, mantan menteri perindustrian dan perdagangan era Megawati ini, tak banyak komentar. Termasuk saat ditanya apakah calon dirut Pertamina berasal dari internal atau eksternal. "Ada internal, ada yang dari luar," ujarnya.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah memastikan, diskusi mengenai calon bos Pertamina, berada di level dewan komisaris.

"Dewan komisaris punya datanya. Nanti, dewan komisaris merekomendasikan kepada Menteri. Selanjutnya, menteri akan bawa ke presiden," kata Edwin.

Edwin menjelaskan, semua calon dari internal maupun eksternal yang berhak mendapatkan penilaian atau assessment. Meski pada tahapan akhir, Presiden Jokowi yang akan menentukannya. "Calonnya yang penting punya kompetensi saja, punya track record yang benar, lulus assessment dan lulus uji integritas," kata Edwin.

Edwin menjanjikan, proses assessment bakal rampung minggu depan. Sehingga, sebelum akhir Februari 2017, Presiden Jokowi sudah bisa memutuskan nama Direktur Utama Pertamina yang baru.

Sejumlah nama yang kabarnya masuk radar Pertamina-1, sebutan untuk dirut Pertamina, cukup banyak. Semisal Plt Dirut Pertamina Yenni Andayani, Syamsu Alam (Direktur Hulu), Budi Gunadi Sadikin (Staf Khusus Menteri BUMN/mantan Dirut Bank Mandiri), dan Ahmad Bambang (mantan Wakil Dirut Pertamina). Harap sabar, semuanya bergantung keputusan Presiden Jokowi. [ipe]

x