Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 05:37 WIB

Jelang AEOI, Informasi Pajak&Keuangan Bisa Terbuka

Oleh : M fadil djailani | Kamis, 23 Februari 2017 | 10:11 WIB
Jelang AEOI, Informasi Pajak&Keuangan Bisa Terbuka
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus memantapkan persiapan menjelang implementasi pertukaran informasi keuangan dan perpajakan atau Automatic Exchange of Financial Information/AEOI) di 2018.

"Indonesia akan terus melakukan persiapan untuk bisa memenuhi peraturan-peraturan yang diharuskan untuk dipenuhi agar kita bisa mendapatkan manfaat dari AEOI," kata Menkeu Mulyani usai rapat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/02/2017).

Seperti diketahui, AEOI merupakan kebijakan global yang disepakati lebih dari 101 negara di dunia. Kesepakatannya menyangkut kemudahan tukar-menukar informasi keuangan dan pajak personal. "Sehingga tidak dimungkinkan lagi, atau kecil kemungkinan wajib pajak untuk menghindari pajak," ujarnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, pemerintah Indonesia perlu mempersiapkan sistem perpajakan yang mumpuni. Termasuk memasukkan sejumlah pasal dalam revisi UU Ketentutan Umum Tatacara Perpajakan (KUP) yang mulai dibahas tahun ini. "Kami telah melaporkan dalam sidang kabinet, mengenai persiapan-persiapan itu. Dan, berbagai peraturan perundang-undangan yang memang dibutuhkan," katanya.

"Yang mungkin menjadi sesuatu yang sangat pelik adalah bahwa UU di perbankan, syariah maupun capital market. Memang masih menyebutkan pasal mengenai kerahasiaan nasabah. Kami akan upayakan berbagai cara untuk memasukkan berbagai pasal untuk di UU KUP, agar akses informasi untuk urusan perpajakan bisa diperkuat. Sehingga kita bisa memenuhi persyaratan dalam AEOI," pungkas Mulyani. [ipe]

 
Embed Widget

x