Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 03:43 WIB

Perbaikan Jembatan Cisomang 45%, Bus Bisa Melintas

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 24 Februari 2017 | 00:39 WIB
Perbaikan Jembatan Cisomang 45%, Bus Bisa Melintas
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini, bus diperbolehkan melintasi Jembatan Cisomang di Km100+700 Tol Purbaleunyi, Purwakarta, Jawa Barat.

Keputusan untuk membuka akses bagi kendaraan bus muncul setelah pembahasan dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bersama Tim Ahli Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Selanjutnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai pelaksana perbaikan Jembatan Cisomang, dengan supervisi dari Tim Ahli KKJTJ, terus memonitor pergerakan pilar selama masa perbaikan. Termasuk setelah diizinkannya bus untuk melintas.

Ketua Tim Penanganan Perbaikan Jembatan Cisomang dari Jasa Marga, Silvester Aryan Widodo menjamin, bus aman melintasi Jembatan Cisomang.

Dia mengungkapkan, kendaraan yang diperbolehkan melintasi jembatan ini, berat maksimalnya 15 ton. "Beban 15 ton diperbolehkan. Saat ini bus dari Jakarta ke Bandung sudah bisa melintas di Jembatan Cisomang," ujar Silvester dalam rilis yang diterima media di Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Sebelumnya, pihak Jasa Marga hanya memperbolehkan kendaraan pribadi atau golongan I, seperti sedan/jeep/minibus yang dapat melintas di Jembatan Cisomang.

Dengan diperbolehkannya bus melintasi Jembatan Cisomang, diharapkan bisa mengurangi kepadatan di wilayah jalur arteri Cikampek yang kondisinya perlu perbaikan.

Silverter menambahkan, hingga saat ini, progres perbaikan jembatan Cisomang mencapai 40%- 45%. Progres pekerjaan perbaikan dan penguatan Jembatan Cisomang diharapkan bisa rampung sesuai target, yakni akhir bulan depan.

Beberapa progres pekerjaan yang dilakukan antara lain :
Pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P0 dan P2 sudah 100%
Pekerjaan Unloading (cutting lereng) di pilar P0 sekitar 70% dan P5 sudah 100%
Pekerjaan strutting baja sekitar 90%
Pekerjaan boredpile di pilar P2 sudah mencapai 100%
Pekerjaan jacketing column di pilar P0 sekitar 60% dan P5 sekitar 40%
Pembuatan Jalan Akses Darurat (Detour) KM 99 100% dan KM 107 40%.

"Kami akan terus memantau pergerakan pilar 24 jam terus menerus, dengan alat Robotic Total Station", demikian tambahnya. [ipe]

 
x