Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 April 2017 | 13:24 WIB

Menhub Budi: Pengeboran Berahir,Selamat Datang MRT

Oleh : - | Jumat, 24 Februari 2017 | 02:39 WIB
Menhub Budi: Pengeboran Berahir,Selamat Datang MRT
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bilang, proyek "mass rapid transit" (MRT) memasuki pengeboran terakhir. Di mana, ada empat bor berteknologi Jepang yang dipergunakan.

"Hari ini merupakan hari terakhir upaya melakukan pekerjaan pengeboran dari dua sisi dan empat bor," kata Budi usai meninjau terowongan proyek MRT mendampingi Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Menhub Budi menilai, empat bor yang dipergunakan yakni Antareja 1, Antareja 2, Mustikabumi 1, dan Mustikabumi 2, terbukti efektif. Capaian ini haruslah disyukuri lantaran, proyek ini sempat terbengkalai hingga belasan tahun.

Menhub Budi berharap, dengan adanya MRT, masyarakat bisa menikmati moda transportasi publik yang berkualitas. "Masyarakat harus bisa mengapresiasi upaya yang begitu sulit dan mahal ini, harus dipelajari dan dimengerti sopan santun, kebiasaan seperti merokok, budaya antri dan disiplin," katanya.

Dengan bertemunya keempat bor menandakan pengerjaan MRT Jakarta struktur bawah tanah dari Sisingamangaraja hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) telah selesai 80 persen.

Sementara itu, struktur layang dari Lebak Bulus ke Sisingamangaraja telah selesai hingga 50%. "Secara garis besar, pengerjaan MRT Jakarta sampai saat ini adalah 65 persen," katanya.

Terdapat tiga fase pembangunan proyek MRT yaitu fase pertama jalur Lebak Bulus - Bundaran HI sepanjang 16 kilometer, fase kedua Bundaran HI-Ancol Timur sepanjang 13,5 kilometer yang dibangun pada 2019, dan fase ketiga Cikarang-Balaraja sepanjang 87 kilometer yang dibangun pada 2020.

MRT mulai dibangun pada 2013 dan membentang sepanjang 110 kilometer dari Utara-Selatan dan Barat-Timur. Dengan kondisi terowongan yang sudah tersambung, Presiden Joko Widodo meminta MRT dapat dioperasikan pada Maret 2019. [tar]

x