Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 22:28 WIB

Jelang Keterbukaan Pajak&Rekening,OJK Punya SiPINA

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 3 Maret 2017 | 16:55 WIB
Jelang Keterbukaan Pajak&Rekening,OJK Punya SiPINA
Ketua Komisioner OJK, Muliaman D Hadad - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mendukung implementasi pertukaran informasi keuangan atau Automatic Exchange of Information (AEoI) pada 2018, OJK mempersiapkan senjata andalan, yakni SiPINA.

Tapi jangan salah, SiPINA dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini, bukan nama seseorang perempuan. Melainkan kepanjangan dari Sistem Penyampaian Informasi Nasabah Asing.

Ketua Komisioner OJK, Muliaman D Hadad bilang, SiPINA sejatinya bukan barang baru. Sudah ada sejak 2015, ketika OJK bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) terkait UU Kepatuhan Pajak Warga Asing, atau Foreign Account Tax Compliance Act (FATCA).

"Sesuai perjanjian itu, perbankan di Indonesia wajib melaporkan data rekening warga negara AS kepada otoritas pajak di negara tersebut," ujar Muliaman di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (03/03/2017).

Terkait dengan AEoI, Muliaman mengatakan, SiPINA akan dikembangan secara luas dan menyeluruh, guna mendukung program pertukaran informasi sistem keuangan secara global. "Karena ada sekitar 101 negara yang telah mentandatangani AEoI," kata Muliaman.

Dengan AEoI, lanjut Muliaman, perbankan di dunia, harus siap memenuhi kebutuhan otoritas pajak. Teermasuk informasi mengenai rekening nasabah bisa lebih mudah dibuka.

Dengan pengembangan SiPINA, Muliaman berharap perbankan Indonesia bisa menjalankan AEoI mulai tahun depan. "Dengan begitu, OJK penuhi pelaporan nasabah asing sesuai tenggat waktu yang disepakati," tandasnya. [ipe]

x